Pemograman Berorientasi Objek (O O P)
Obect Oriented Programming
Pengertian OOP system : merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek.
Object
Setiap Object (obyek) dibangun dari sekumpulan data (atribut) yang disebut “variabel” dan juga terdiri dari sekumpulan method atau Obyek adalah sebuah perangkat lunak yg berisi sekumpulan variabel dan method yg berhubungan, atau secara sederhananya object merupakan sebuah benda.
Class
adalah struktur dasar dari OOP (Object Oriented Programming). Class adalah blueprint/cetakan dari object yang dibentuk. Terdiri dari dua tipe yaitu : field (attribute/property) dan method (behavior). Class digunakan untuk mendeklarasikan sebuah variabel yang berupa objek atau dinamakan “referensi objek (object reference)”. Dapat disimpulkan bahwa class merupakan kumpulan objek-objek yang memiliki atribut yang sama.
Attribute
merupakan segala sesuatu yang melekat pada Object. Didalam penerapan didalam program, atribut adalah Variabel.
Instance Variable
merupakan jenis variable yang dideklarasikan di dalam class, diluar method baik constructor atau method lainnya. Instance Variable dibuat saat sebuah object dibuat dengan kata kunci “new” dan dihapus saat object tersebut dhapus.
Class Variable
adalah variable yang dideklarasikan dengan menggunakan keyword “static”. class variable dideklarasikan di luar method atau blok statement. biasanya digunakan untuk mendefiniskan konstanta, yaitu variable yang mempunyai nilai tetap atau tidak dapat dirubah.
Behavior
adalah tingkah laku yang dapat dilakukan oleh objek, behavior adalah kelakuan atau sifat dari Object.
Methods
adalah kumpulan program yang mempunyai nama. Method merupakan sarana bagi programmer untuk memecah program menjadi bagian-bagian yang kecil agar jadi lebih kompleks sehingga dapat di gunakan berulang-ulang.
Pemrograman Berorientasi Object
Assalamualaikum wr.wb
Alhamdulilah atas izin Allah yang maha kuasa, saya akan berbagi sedikit tentang materi pemograman berorientasi objek. Berikut adalah artikelnya !
- Bahasa Prosedural
- Pemrograman berorientasi object
- Perbedaan prosedural dan OOP
Pengertian OOP system : merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek.
Object
Setiap Object (obyek) dibangun dari sekumpulan data (atribut) yang disebut “variabel” dan juga terdiri dari sekumpulan method atau Obyek adalah sebuah perangkat lunak yg berisi sekumpulan variabel dan method yg berhubungan, atau secara sederhananya object merupakan sebuah benda.
Class
adalah struktur dasar dari OOP (Object Oriented Programming). Class adalah blueprint/cetakan dari object yang dibentuk. Terdiri dari dua tipe yaitu : field (attribute/property) dan method (behavior). Class digunakan untuk mendeklarasikan sebuah variabel yang berupa objek atau dinamakan “referensi objek (object reference)”. Dapat disimpulkan bahwa class merupakan kumpulan objek-objek yang memiliki atribut yang sama.
Attribute
merupakan segala sesuatu yang melekat pada Object. Didalam penerapan didalam program, atribut adalah Variabel.
Instance Variable
merupakan jenis variable yang dideklarasikan di dalam class, diluar method baik constructor atau method lainnya. Instance Variable dibuat saat sebuah object dibuat dengan kata kunci “new” dan dihapus saat object tersebut dhapus.
Class Variable
adalah variable yang dideklarasikan dengan menggunakan keyword “static”. class variable dideklarasikan di luar method atau blok statement. biasanya digunakan untuk mendefiniskan konstanta, yaitu variable yang mempunyai nilai tetap atau tidak dapat dirubah.
Behavior
adalah tingkah laku yang dapat dilakukan oleh objek, behavior adalah kelakuan atau sifat dari Object.
Methods
adalah kumpulan program yang mempunyai nama. Method merupakan sarana bagi programmer untuk memecah program menjadi bagian-bagian yang kecil agar jadi lebih kompleks sehingga dapat di gunakan berulang-ulang.

Sekian artikel tentang pemograman berorientasi objek , semoga bermanfaat ! bila ada kesalahan dan apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan hubungi :
Komentar
Posting Komentar