Pemograman Berorientasi Objek (O O P)

Obect Oriented Programming

Pemrograman Berorientasi Object

Hasil gambar untuk pemrograman berorientasi objek

  Assalamualaikum wr.wb

    Alhamdulilah atas izin Allah yang maha kuasa, saya akan berbagi sedikit tentang materi pemograman berorientasi objek. Berikut adalah artikelnya !



  • Bahasa Prosedural
Serangkaian tugas diselesaikan dalam bentuk fungsi atau prosedural. Adapun, Pemrograman Prosedural dilakukan dengan memberikan serangkaian perintah yang berurutan. Lebih sederhananya program yang dibuat harus tersusun sesuai urutan intruksi. Contoh bahasa pemrogaman yang menggunakan bahasa prosedural yaitu Cobol, Basic, Pascal, Fortran, dan C/C++ .
  • Pemrograman berorientasi object
Pemrograman berorientasi objek  (object-oriented programming /OOP) merupakan  paradigma pemrograman  yang berorientasikan kepada objek. Ini adalah jenis pemrograman di mana programmer mendefinisikan tidak hanya tipe data dari sebuah struktur data, tetapi juga jenis  operasi (fungsi) yang dapat diterapkan pada struktur data. Dengan cara ini, struktur data menjadi objek yang meliputi data dan fungsi. Selain itu, pemrogram dapat membuat hubungan antara satu benda dan lainnya. Sebagai contoh, objek dapat mewarisi karakteristik dari objek lain. Dengan lebih sederhananya program dalam OOP adalah serangkaian objek yang bekerja sama menyelesaikan masalah.
  • Perbedaan prosedural dan OOP
Perbedaan prosedural dan OOP secara sederhana adalah Prosedural terfokus terhadap cara komputer menyelesaikan masalah tugas, sedangkan OOP fokus kepada object yang digunakan.
Pengertian OOP system :  merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek.

Object

Setiap  Object  (obyek)  dibangun  dari  sekumpulan  data  (atribut)  yang disebut “variabel”  dan  juga  terdiri  dari sekumpulan  method  atau Obyek adalah sebuah perangkat  lunak  yg  berisi  sekumpulan  variabel  dan  method  yg  berhubungan, atau secara sederhananya object merupakan sebuah benda.

Class
  adalah struktur dasar dari OOP (Object Oriented Programming). Class adalah blueprint/cetakan  dari  object  yang  dibentuk.  Terdiri  dari  dua  tipe  yaitu  :  field (attribute/property)  dan  method  (behavior).  Class  digunakan  untuk  mendeklarasikan sebuah variabel yang berupa objek atau dinamakan “referensi objek (object reference)”. Dapat disimpulkan bahwa class merupakan kumpulan objek-objek yang memiliki atribut yang sama.

Attribute
 merupakan  segala  sesuatu  yang melekat  pada Object.  Didalam  penerapan  didalam program, atribut adalah Variabel.

Instance Variable
 merupakan jenis variable yang dideklarasikan di dalam class, diluar method baik constructor atau method lainnya. Instance Variable dibuat saat sebuah object dibuat dengan kata kunci “new” dan dihapus saat object tersebut dhapus.

Class Variable
 adalah variable yang dideklarasikan dengan menggunakan keyword “static”. class variable dideklarasikan di luar method atau blok statement. biasanya digunakan untuk mendefiniskan konstanta, yaitu variable yang mempunyai nilai tetap atau tidak dapat dirubah.

Behavior
 adalah tingkah laku yang dapat dilakukan oleh objek, behavior adalah kelakuan atau sifat dari Object.

Methods
  adalah kumpulan program yang mempunyai nama. Method merupakan sarana bagi programmer untuk memecah program menjadi bagian-bagian yang kecil agar jadi lebih kompleks sehingga dapat di gunakan berulang-ulang.

Hasil gambar untuk pemrograman berorientasi objek  
  Sekian artikel tentang pemograman berorientasi objek , semoga bermanfaat ! bila ada kesalahan dan apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan hubungi :

11605671 | Muhammad Lukmanulhakim | RPL XI-2 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Project CRUD java : Aplikasi rental Playstation (Rental Join Playstation )

Tutorial Membuat Form CRUD Dasar dengan PHP dan MYSQL